Waktu Yang Tepat Untuk Jogging Menaikkan Berat Badan

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging Menaikkan Berat Badan – Olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga termudah yang bisa dilakukan kapan saja dan tidak membutuhkan peralatan adalah lari. Beberapa orang suka berlari di pagi atau malam hari. Tapi kapan waktu yang tepat untuk berlari?

Nah berikut telah dirangkum ulasan waktu terbaik untuk jogging. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging Menaikkan Berat Badan

Jam berapa Anda harus berlari? Padahal, waktu terbaik untuk lari adalah di malam hari. Waktu ini dianggap paling baik karena suhu tubuh mencapai puncaknya pada sore hari.

Jenis Olahraga Yang Wajib Dicoba, Sehat Walau Di Rumah

Untuk semua, suhu maksimum antara 16 dan 17 jam. Fakta ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh

Penelitian telah menunjukkan bahwa ritme sirkadian atau jam tubuh malam meningkatkan suhu tubuh Anda untuk memaksimalkan efek joging Anda. Saat suhu inti meningkat, pembakaran energi atau metabolisme dan efisiensi otot meningkat.

Metabolisme memiliki fungsi tertinggi yang dapat membantu tubuh Anda membakar kalori. Sehingga adaptasi otot yang baik dapat membuat tubuh lebih siap menghadapi perubahan di lapangan lari dan membuat lari menjadi lebih baik. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera lari.

Artinya, penyerapan oksigen di paru-paru maksimal. Ini dapat membantu Anda berlari lebih mudah dan lebih fokus pada lingkungan Anda.

Plus Minus Lari 2x Sehari

Selain itu, lari di sore atau malam hari membuat Anda lebih cepat tertidur. Pasarnya, pergi pada sore hari dapat merangsang produksi hormon pemicu tidur atau hormon melatonin sehingga Anda lebih cepat tertidur.

Tak hanya itu, jogging saat ini juga bisa meningkatkan ritme sirkadian Anda sehingga bisa tidur di malam hari. Lari di sore hari dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan mood dan merilekskan tubuh.

Jangan pilih waktu jogging di sore hari, tapi pagi juga bagus untuk jogging. Kali ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Padahal, waktu terbaik untuk jogging menurut ide-ide di atas adalah sore hari. Namun, lari di pagi hari sebelum bangun membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Tak hanya itu, lari pagi juga membantu menjaga mood Anda untuk berolahraga. Akibatnya, jadwal balapan tetap tidak berubah. Joging di pagi hari bisa jadi lebih mudah karena tidak bisa menghalangi aktivitas lain.

Benarkah Olahraga Lari Bisa Menyusutkan Massa Otot?

Saat Anda bangun di pagi hari untuk jogging, Anda akan lebih mudah mengatur aktivitas yang ingin Anda lakukan di siang hari. Sehingga ketika ada kendala di salah satu kegiatan, Anda masih punya waktu lebih untuk menyelesaikannya.

Terkadang sore hari adalah waktu yang sangat sibuk bagi sebagian orang sehingga mereka tidak punya waktu untuk berlari. Namun perlu Anda ketahui jika suhu tubuh lebih rendah di pagi hari. Oleh karena itu, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukan pemanasan dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga.

Dan bagaimana dengan berolahraga di malam hari? Jika Anda bisa bangun pagi, jam itu berdampak negatif pada Anda. Berlari di malam hari sebelum tidur dapat mengurangi tidur nyenyak dan menghambat pemulihan tidur. Oleh karena itu, Anda juga mudah lelah saat bangun di pagi hari.

Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan perasaan terangsang. Reaksi tubuh ini bisa membuat Anda sulit tidur setelah berolahraga. Jika Anda ingin berolahraga di malam hari, pastikan Anda melakukannya sekitar 90 menit sebelum tidur.

Tips Menaikkan Berat Badan Dengan Fitness

Selain waktu terbaik untuk joging, olahraga kardiovaskular dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh Anda. Perlu diingat bahwa saran di atas bukanlah aturan yang mengikat. Kerjakan aktivitas ini ke dalam jadwal Anda dan jadikan prioritas kondisi tubuh Anda.

Padahal, waktu terbaik untuk berlari sudah diketahui jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan hasil maksimal dari balapan. Namun, tidak ada kerangka waktu standar untuk berjalan dengan baik. Yang perlu Anda ingat adalah jogging dalam jangka waktu yang lebih lama pasti akan membakar lebih banyak kalori.

Minimal, Anda perlu joging selama 30 menit dengan intensitas rendah agar tubuh dapat membakar kalori. Anda juga dapat meningkatkan intensitas joging hingga 70/80% dari detak jantung maksimal. Ini bisa menjadi pembakar lemak terbaik.

Anda bisa melakukan jogging berat selama kurang lebih 30 menit. Lakukan latihan 5 kali seminggu. Dengan joging secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat olahraga jangka panjang dan mengurangi risiko penyakit kronis. Agar tidak mengganggu waktu tidur, lebih baik jangan berlari mendekati waktu tidur.

Beragam Manfaat Di Balik Jogging Setiap Hari

Nah itulah ulasan tentang waktu jogging yang benar yang bisa anda lakukan mulai sekarang untuk hasil pembakaran lemak yang maksimal. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan kondisi tubuh sebelum berlari, ya! Terbit: 14 Agustus 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Revisi 27 Februari 2020 Waktu Baca: 3 menit

Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan keinginan banyak orang. Oleh karena itu, berbagai cara digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah olahraga berat selama musim tanam. Hal ini karena percepatan pertumbuhan dimana anak dapat menghasilkan pelepasan hormon pertumbuhan yang dapat mempengaruhi tinggi badannya.

Selain berenang, lompat tali atau bermain basket, olahraga yang dipercaya dapat membantu menambah tinggi badan adalah lari. Tapi bagaimana dengan kebenarannya? Apakah ini hanya mitos atau fakta?

Kebiasaan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu menambah tinggi badan, termasuk lari. Hal ini dapat memicu hormon pertumbuhan yang diproduksi tubuh selama masa kanak-kanak dan hormon ini akan terus meningkat jika Anda aktif berolahraga. Selain itu, lari dapat membantu membangun kekuatan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh selama masa pertumbuhan jika dilakukan selama 30 menit sehari. Postur tubuh yang buruk akan menyebabkan tulang belakang tertekan, yang akan menghambat pertumbuhan atau perkembangannya.

Steps Agar Terbiasa Lari Pagi

Oleh karena itu, dengan berlari, kekuatan tubuh dan tulang Anda akan meningkat dan berpengaruh pada tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Itu sebabnya lari dianggap sebagai cara untuk menambah tinggi badan, namun pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk genetika, pola makan, serta gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Meski lari bisa menambah tinggi badan, bukan berarti Anda harus mengabaikan faktor lainnya.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan tinggi dapat terjadi saat pelat pertumbuhan tulang panjang terbuka. Pelat tulang panjang atau pelat epifisis terbuka saat pubertas dan berakhir sekitar usia 20-21 tahun. Setelah menutup panel, penambahan ketinggian juga akan berhenti. Karena itu, tambah tinggi badan sebelum pelat tulang panjang menutup.

Faktor pertama yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan adalah genetika atau keturunan. Jika tinggi badan orang tua ideal, ada kemungkinan anaknya tinggi, begitu pula sebaliknya. Namun, faktor ini tidak dapat diubah, tetapi dapat ditingkatkan. Jika Anda memiliki faktor genetik pendek, Anda dapat meningkatkan kekuatan tinggi badan Anda hingga mencapai batas maksimal. Caranya adalah dengan merangsang pertumbuhan dengan rajin berolahraga dan berhati-hati dengan pola makan selama musim tanam.

Faktor kedua yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan adalah nutrisi yang baik. Beberapa nutrisi dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tulang, antara lain protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D. Nutrisi tersebut banyak terdapat dalam makanan dan tidak sulit didapatkan, baik dari makanan hewani maupun nabati.

Tips Olahraga Saat Puasa

Contoh makanan hewani yang memiliki nutrisi tersebut adalah daging merah, ayam, ikan, telur, dan kerang. Sedangkan sumber nutrisi nabati terdapat pada tahu, tempe, dan kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kedelai, kacang merah, kacang hijau, atau kacang panjang.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi tinggi badan adalah pengaruh lingkungan dan kebiasaan, seperti olahraga dan tidur. Tulang harus dirangsang dengan memberi tekanan pada tulang panjang, seperti saat berolahraga. Adanya rangsangan tersebut akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan adalah hormon yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tulang di seluruh tubuh. Olahraga yang bisa dilakukan juga beragam seperti atletik, yoga, jogging, skipping, basket, bulu tangkis atau jenis olahraga lainnya. Oleh karena itu, lari tidak hanya dapat memengaruhi tinggi badan, tetapi berbagai jenis olahraga juga dapat menyebabkan pertumbuhan. Selain itu, waktu istirahat atau tidur harus dilakukan dengan baik karena pertumbuhan tulang terjadi saat tidur.

Perlu diperhatikan bahwa lari dan bentuk olahraga lainnya tidak hanya membantu menambah tinggi badan, tetapi juga memiliki manfaat lain, termasuk menopang tulang belakang dan postur tubuh yang sehat. Terkadang tanpa disadari, beberapa aktivitas sehari-hari dapat mengganggu pergerakan tubuh, seperti duduk atau berdiri yang salah.

Cara Berlari 1,6 Kilometer Dalam Waktu 5 Menit: 11 Langkah

Untuk memperbaiki kondisi tulang dan postur tubuh, lari dapat membantu dan meningkatkan pertumbuhan menjadi lebih baik. Selain itu, lari akan mengaktifkan tubuh sehingga suplai darah berjalan lancar dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, lari teratur juga bisa menghasilkan pembakaran lebih banyak kalori, sehingga mencegah penumpukan lemak atau gula berlebih.

Oleh karena itu, tidak perlu merasa terbebani dengan kondisi ketinggian yang mungkin tidak sesuai, namun lakukanlah lari untuk membantu menjaga kesehatan karena banyak manfaat lari bagi tubuh.

Tim redaksi berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan terapis serta menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses penerbitan di sini.

Pengaruh genetik dan lingkungan pada tinggi badan sejak bayi hingga dewasa: analisis gabungan berdasarkan kohort 45 anak kembar. (Akses dari: https://www.nature.com/articles/srep28496)

Lari Atau Jalan Kaki, Mana Yang Lebih Sehat?

Denise P. Raksasa,

Waktu jogging yang tepat untuk membakar lemak, waktu yang tepat minum susu untuk menambah tinggi badan, waktu yang tepat untuk trading, waktu yang tepat untuk jogging menurunkan berat badan, waktu jogging yang tepat, waktu yang tepat untuk workout, waktu jogging yang tepat untuk menambah berat badan, waktu yang tepat untuk aqiqah, waktu yang tepat untuk makan, waktu yang tepat untuk melakukan jogging, waktu yang tepat untuk jogging, waktu olahraga yang tepat untuk menaikkan berat badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *